9 Manfaat Jus Mengkudu untuk Kesehatan

Posted on

Mengkudu atau sering juga disebut buah pace adalah buah asli dari Asia Tenggara dan Australia dan termasuk dalam keluarga kopi Rubiaceae. Penelitian menunjukkan bahwa manfaat jus mengkudu untuk kesehatan cukup banyak, karena itu semakin banyak orang tertarik untuk mencobanya meski rasanya pahit.

Nama botani mengkudu adalah Morinda citrifolia, selain itu juga memiliki berbagai nama tergantung daerah tempat tumbuhnya. Noni adalah nama sebutan mengkudu untuk orang Hawai. Di Indonesia disebut Mengkudu,  di Myanmar disebut Ungcoikan, dan Ach di India. Nama Inggris yang umum untuk buah ini adalah murbei India, murbei pantai, dan buah keju.

manfaat jus mengkudu untuk kesehatan

Jus mengkudu adalah cairan ekstrak dari buah mengkudu. Jus ini mengandung vitamin seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B12, C, dan E, mineral seperti kalsium, potasium, besi, magnesium dan fosfor, dan fitonutrien lainnya. Berikut ini, 9 Manfaat kesehatan jus mengkudu untuk kesehatan:

Antioksidan

Jus mengkudu mengandung banyak khasiat antioksidan seperti quercetin, kaempferol, pinoresinol, scopoletin, dan masih banyak lagi yang akan membantu tubuh melawan agen radikal bebas dan menekan efek negatifnya.

Anti kanker

Sifat antioksidan dalam jus mengkudu berperan besar dalam mencegah kanker seperti kanker paru-paru, kanker ginjal, dan kanker hati. Sifat jus mengkudu mengurangi persentase risiko kanker dengan cara mengikat DNA yang sehat, menghalangi karsinogen  dan menghentikannya untuk berkembang biak. Selain itu, juga mencegah tumbuhnya tumor secara berlebihan.

Menyembuhkan asam urat

Enzim xantine oxidase merupakan salah satu faktor yang menjadi penyebab penyakit dan masalah. Jus mengkudu memiliki efek penghambatan terhadap enzim, sehingga dapat digunakan sebagai obat penyakit asam urat yang telah dipraktikkan sejak lama.

Efek nyeri pada otot

Bagi mereka yang memiliki rasa sakit dan ketidaknyamanan otot, manfaat kesehatan jus mengkudu ini adalah yang mereka butuhkan. Jus mengkudu mengandung khasiat yang bisa menghentikan sekresi kalsium intraselular, oleh karena itu dapat mencegah kram otot dan menenangkan nyeri otot.

Menjaga kesehatan kardiovaskular

Bukti bahwa jus mengkudu bagus untuk kesehatan jantung adalah efek relaksasi jus mengkudu dapat membantu sel otot polos untuk melebarkan dinding pembuluh darah. Karena itu, darah akan mengalir lancar ke dan dari jantung dan tekanan darah bisa terkontrol. Sifat jus mengkudu juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Perlindungan hati

Jus mengkudu mengandung khasiat yang bisa melindungi hati dari bahan kimia eksogen berbahaya dan memperbaiki kesehatan hati.

Meringankan kelelahan tubuh

Orang Polinesia sejak dulu menggunakan jus mengkudu untuk memperbaiki performa fisik, meringankan tubuh dari kelelahan dan kelemahan, dan meningkatkan tingkat energi.

Meringankan rasa sakit arthritis

Orang dengan penyakit arthritis sering merasakan sakit pada sendi dan tungkai mereka. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jus mengkudu memiliki sifat analgesik yang hampir serupa dengan obat analgesik yang diproduksi secara industri. Dengan demikian, jus mengkudu bisa digunakan untuk meringankan rasa sakit dan memperlambat kerusakan sendi pada artritis.

Perbaiki fungsi memori

Sebuah studi mengatakan bahwa orang dapat meningkatkan fungsi memori mereka serta konsentrasinya dengan mengkonsumsi jus mengkudu secara teratur. Hal ini menunjukkan bahwa jus mengkudu mempunyai manfaat untuk kesehatan otak manusia.

Demikianlah, 9 Manfaat Jus Mengkudu untuk Kesehatan. Baca juga artikel tentang Buah-Buahan yang Sehat untuk Tubuh Anda. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *