Buah Naga, Buah Super dengan Manfaat Melimpah

Posted on

Buah naga berasal dari jenis kaktus Hylocereus. Bentuknya terbilang unik dengan kulit bersinar terang dan berwarna pink kemerah-merahan. Buah naga, adalah buah super dengan manfaat melimpah untuk kesehatan, namun sering terlewatkan dari pencarian orang saat mereka membeli buah di toko buah atau di pasar.

Buah naga berasal dari benua Amerika terutama di Amerika Tengah dan Selatan. Saat buah ini dibelah Anda bisa melihat ribuan biji hitam kecil yang dapat dimakan mengisi dagingnya. Selain itu, buah ini juga kaya dengan vitamin, mineral, dan antioksidan yang memberi bermacam manfaat. (Baca juga: Pentingnya Mengonsumsi Buah untuk Tubuh)

Buah naga

Sistem kekebalan

Vitamin C adalah pendorong yang baik untuk sistem kekebalan tubuh dan dapat ditemukan melimpah pada buah naga. Vitamin C merangsang antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas oksigen, zat radikal pada asam lemak dan menghilangkan unsur-unsur berbahaya hasil metabolisme sel.

Kesehatan jantung

Kesehatan kardiovaskular bergantung pada seberapa baik aliran darah di arteri. Penyebab utama serangan jantung adalah plak yang dibangun oleh kolesterol di arteri yang menghalangi aliran darah ke jantung. Karena itu, untuk mencegah serangan jantung, kita harus mengontrol asupan kolesterol kita. Mengonsumsi makanan rendah kolesterol adalah salah satu cara pencegahan penyakit jantung. Buah naga adalah salah satu buah terbaik untuk melindungi jantung. Apalagi memiliki kolesterol rendah dan bisa meningkatkan kadar kolesterol HDL yang ramah jantung.

Pencernaan

Buah naga juga kaya akan serat makanan yang bisa menjaga fungsi usus. Dengan kata lain, serat buah naga bisa mencegah sembelit dan kanker usus besar.

Pencegahan kanker

Senyawa karotenoid yang terkandung di dalamnya adalah antioksidan penting untuk melindungi tubuh dari agen radikal bebas, melawan sel karsinogenik, dan mengurangi pertumbuhan tumor. Selain itu, dapat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh menangkal unsur asing termasuk sel kanker dan virus.

Antimikroba

Buah naga memiliki khasiat antibakteri dan antijamur yang memberi manfaat untuk kesehatan. Terutama dalam meningkatkan sel darah putih untuk melindungi tubuh dari racun dan penyusup eksogen seperti jamur dan bakteri. Selain itu, terbukti bisa merangsang regenerasi sel dengan cepat.

Sumber protein

Protein adalah unsur penting metabolisme kita. Protein memberikan energi dan kekuatan. Protein mempercepat penyembuhan. Selain itu juga mempercepat metabolisme, sehingga kita bisa menurunkan berat badan lebih cepat tanpa kehilangan massa otot.

Sumber utama protein berasal dari produk turunan hewani seperti daging, namun tubuh kita tidak mampu mengolah semua jumlah protein hewani. Protein yang berlebihan akan dibuang dengan air kencing. Kasus yang berbeda terjadi dengan protein berbasis tanaman. Protein ini jauh lebih mudah untuk diproses oleh tubuh kita. Karena itu, dianjurkan untuk mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran untuk mendapatkan lebih banyak protein. Dan buah naga merupakan salah satu produk berbasis tanaman yang kaya akan protein.

Buah naga dikategorikan sebagai makanan super karena banyaknya manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, dianjurkan untuk memasukkan buah naga ke dalam menu makanan sehari-hari. Selain itu, buah ini sangat aman bagi wanita hamil dan menyusui. Maka tak heran jika ada yang bilang ‘Buah Naga, Buah Super dengan Manfaat Melimpah.’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *