Apa yang Harus Dilakukan Ketika Anak Berbohong

Posted on

Banyak orang dewasa berbohong setiap hari. Kasus semacam ini dapat ditemukan dalam banyak situasi. Orang berbohong ketika mereka harus menyembunyikan kebenaran. Anda mungkin mengerti alasan mengapa Anda berbohong. Jika sikap berbohong ini juga terjadi pada anak Anda, lantas apa yang harus dilakukan ketika anak berbohong?.

Beberapa orang percaya bahwa berbohong untuk kebaikan tidak salah. Namun, perilaku seperti ini sebenarnya tidak baik sama sekali. Anda harus mengakui bahwa ketika Anda berbohong, Anda berarti membuat kebohongan lain untuk menutupi kebohongan pertama. Oleh karena itu, ini akan menjadi beban pikiran Anda kecuali Anda mau bersikap jujur. Pada titik ini, Anda akan menyesal karena telah berbohong untuk pertama kalinya.

Ketika Anak Berbohong
Hal ini tidak hanya berlaku bagi orang dewasa, anak-anak terkadang juga berbohong. Bagi orang tua, tampaknya sangat menyedihkan mengetahui anak-anak mereka berbohong kepada mereka. Bagi anak-anak, kebohongan bisa dilakukan karena beberapa alasan. Terkadang, anak Anda membutuhkan kebohongan untuk membangun identitas mereka.
Misalnya, ketika mereka merasa perlu diterima teman sebayanya, mereka membuat cerita yang sepertinya keren. Atau, anak-anak juga bisa berbohong ketika mereka tidak ingin orang tua ikut campur dalam masalah mereka. Terakhir, beberapa anak juga akan berbohong jika mereka berpikir mereka tidak mendapat cukup perhatian dari orang tua atau guru.

Jika Anda mengetahui bahwa anak-anak telah berbohong, Anda tidak perlu kecewa. Anda perlu berpikir apa yang harus dilakukan ketika anak berbohong. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal di bawah ini sehingga anak-anak Anda akan mengerti.

Tidak Mencaci dan Menceramahi

Akan ada dimana saat Anda menangkap gelagat anak-anak berbohong. Jika kondisi ini terjadi, Anda tidak perlu marah secara berlebihan. Lebih baik Anda bertanya kepada mereka alasan sebenarnya mengapa mereka berbohong. Memarahi mereka karena berbohong akan menyebabkan mereka mengulangi kesalahan yang sama suatu saat.

Sebagai gantinya, Anda harus berbicara dengan mereka sebagai teman yang akan membantu mereka bukan memarahi mereka. Namun, Anda juga harus menjelaskan kepada mereka bahwa berbohong adalah perbuatan tidak baik dan mempunyai efek buruk yang akan ditimbulkan bagi mereka jika berbohong.

Agar anak-anak Anda memahami pesan Anda, katakan dengan lemah lembut pada mereka jangan pernah melakukan kebohongan meskipun Anda menjadi alasan di balik kebohongan mereka.

Anda tidak perlu menguliahi panjang lebar anak-anak tentang berbohong. Cukup menyampaikan pesan singkat sehingga mereka akan mengerti. Ini akan jauh lebih baik sehingga anak-anak Anda tidak akan pernah mengulangi kesalahan yang sama.

Biarkan Mereka Bicara

Anda juga harus memastikan bahwa Anda tidak membangun jarak dengan mereka. Terkadang, anak-anak berbohong karena mereka tidak ingin dimarahi oleh orangtua atas masalah atau kesalahan mereka. Lebih baik bagi Anda bersikap netral dan menawarkan solusi yang bijak untuk masalah mereka.

Jika Anda melakukannya dengan benar, Anda akan menyadari bahwa anak-anak bisa menjadi teman terbaik yang bisa Anda miliki. Selain itu, akan membuat hubungan Anda dengan mereka lebih dekat dari sebelumnya. Itulah sebabnya mengapa berbicara selalu disarankan untuk memperkuat ikatan antara orang tua dan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *