Tips Melindungi Anak-Anak Selama Musim Penghujan

Posted on

Ketika musim penghujan tiba, orang tua harus waspada. Dibandingkan orang dewasa, sistem kekebalan tubuh anak-anak tidak sekuat kita. Itu sebabnya jika musim penghujan datang dimana cuaca terasa dingin, anak-anak Anda mungkin memiliki kesempatan lebih tinggi untuk terkena flu. Jika Anda khawatir dengan anak-anak, lebih baik Anda mempersiapkan hal-hal yang bisa dilakukan untuk melindungi mereka selama musim penghujan. Salah satunya adalah mengikuti Tips Melindungi Anak-Anak Selama Musim Penghujan pada artikel di bawah.

 

Tips Melindungi Anak-Anak Selama Musim Penghujan

Menjaga Kehangatan

Meskipun cuaca dingin di musim penghujan, itu tidak berarti bahwa sekolah akan ditutup. Anak-anak masih perlu untuk pergi ke sekolah.

Di sini, peran Anda sebagai orang tua sangat penting karena Anda harus memastikan bahwa anak-anak tetap hangat dan terlindungi ketika mereka berada di sekolah. Alih-alih melakukan sesuatu yang tidak berguna, pencegahan pertama yang bisa Anda lakukan adalah menjaga anak-anak Anda dengan pakaian yang tebal. Anda bisa memakaikan mereka jaket sebagai pelindung lapis kedua setelah seragam sekolah.

Anda juga bisa membawakan mereka mantel atau payung untuk mereka, agar saat mereka beraktivitas di luar kelas selalu terlindungi jika tiba-tiba datang hujan atau gerimis.

Penting juga bagi Anda untuk memberi tahu anak-anak Anda agar tetap hangat. Saat musim penghujan tiba, banyak anak suka bermain hujan-hujanan. Anda tidak harus melarang mereka untuk bersenang-senang.

Membiarkan anak bermain hujan-hujanan bukan berarti hal yang tidak baik. Namun, adakalanya Anda harus menyuruh mereka masuk ke dalam rumah jika sudah terlalu lama bermain hujan-hujanan, apalagi jika pakaian sudah basah kuyup yang akan membuat mereka kedinginan, belum lagi jika hujan disertai petir, tentu Anda harus tegas melarang mereka bermain hujan-hujanan untuk mengantisipasi dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pakaian basah saat cuaca dingin di musim penghujan bisa sangat berbahaya karena akan semakin tinggi kemungkinan anak terkena demam atau terserang flu, apalagi jika kondisi tubuhnya tidak fit. Karena itu, Anda harus segera menyuruh mereka mandi air hangat dan segera mengganti baju mereka dengan pakaian yang kering.

Menjaga Anak-Anak Terhidrasi

Hal lain yang harus Anda lakukan untuk anak Anda untuk melindungi mereka dari cuaca dingin saat musim penghujan adalah untuk tetap terhidrasi. Karena mereka berkeringat kurang daripada saat cuaca panas di musim kemarau, anak-anak tidak akan berpikir bahwa mereka haus. Mungkin ini ada benarnya, tapi sebenarnya saat cuaca dingin di musim penghujan Anda juga akan kehilangan lebih banyak air melalui nafas Anda. Hal itu juga terjadi pada anak-anak.

Karena itu, sebagai orang tua Anda harus memastikan bahwa Anda memberi mereka minuman hangat. Anda juga bisa menyiapkan sup hangat yang bisa mereka nikmati setelah beraktivitas di luar rumah. Jika tubuh kekurangan air, seseorang akan kehilangan fokus dan kesehatannya akan turun.

Perhatikan Tanda Bahaya

Penting juga bagi Anda untuk memperhatikan tanda bahaya yang mungkin terjadi pada anak-anak Anda.

Kapan pun Anda merasa anak-anak Anda terlihat pucat atau memiliki kulit melepuh pada bagian tubuh mereka, Anda harus segera membawanya ke dalam rumah dan merawat radang dingin yang mungkin terjadi pada anak Anda.

Anda juga harus tahu tanda hipotermia seperti menggigil, gerakan-gerakan yang tidak biasa pada tubuh dan juga ucapan yang tidak jelas atau cadel. Jika tanda-tanda tersebut muncul pada anak, Anda harus segera membawanya ke dokter agar anak segera mendapatkan perawatan yang tepat.

Semoga Tips Melindungi Anak-Anak Selama Musim Penghujan di atas dapat bermanfaat bagi pembaca semua. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *